Rekor Bergeser! vivo dan Xiaomi Dominasi Daftar Merek HP Terlaris di Indonesia 2024

By | Mei 11, 2024

Pasar Smartphone Indonesia Bergolak, Vivo dan Xiaomi Berjaya

Jakarta – Industri smartphone Indonesia mengalami pergeseran besar pada kuartal pertama 2024. Vivo dan Xiaomi berhasil menduduki posisi puncak, menggeser raksasa sebelumnya seperti Samsung dan Oppo.

Menurut riset Counterpoint, pengiriman smartphone di Indonesia tumbuh 4% dibandingkan tahun lalu. Hal ini dipicu oleh peluncuran model baru secara masif jelang Ramadan yang mendorong permintaan. Pengiriman model baru bahkan melonjak 183% dari tahun sebelumnya.

Berbagai promosi agresif menghiasi saluran ritel, seperti diskon tidak hanya pada smartphone tetapi juga aksesori dan produk IoT. Toko online, media sosial, dan toko resmi dimanfaatkan untuk memasarkan penawaran ini.

Faktor lain yang berkontribusi adalah pertumbuhan penjualan di toko offline. Toko multimerek independen dan toko resmi memperluas jangkauan mereka, memicu persaingan yang kompetitif.

Menurut Febriman Abdillah dari Counterpoint, konsumen Indonesia cenderung meningkatkan pengeluaran mereka selama Ramadan dan Idul Fitri, termasuk untuk belanja smartphone. Pabrikan smartphone menyadari tren ini dan mempercepat peluncuran produk sebelum Ramadan, didukung oleh promosi flash sale.

Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, Vivo merebut posisi teratas pengiriman smartphone di Indonesia. Pangsa pasarnya mencapai 19,2%, didukung oleh optimalisasi saluran distribusi dan strategi pemasaran yang agresif. Seri Y Vivo, terutama Y100 dan Y03, menjadi pendorong utama pengiriman.

Kerja sama dengan fintech seperti Kredivo dan Spectra untuk skema cicilan serta promosi di platform e-commerce terkemuka turut mendongkrak popularitas Vivo di kalangan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *