Revolusi AI: Apple Luncurkan Chip M4, Memicu Era Pemrosesan yang Belum Pernah Ada

By | Mei 12, 2024

Apple Rilis Chip M4, Perkuat Dukungan Kecerdasan Buatan pada Perangkat

Dalam pengumuman produk terbaru yang digelar di AS, Apple memperkenalkan chip M4 yang akan mendukung kecerdasan buatan (AI) pada perangkatnya. Peluncuran chip ini menandai langkah Apple dalam tren AI di industri teknologi.

Chip M4 dilengkapi dengan Neural Engine tercepat yang pernah dikembangkan Apple, mampu melakukan 38 triliun operasi per detik. Apple mengklaim kemampuan ini melampaui unit pemrosesan saraf AI pada perangkat apa pun saat ini.

Vice President of Hardware Technologies Apple, Johnny Srouji, menyatakan bahwa M4 menghadirkan dukungan AI yang sangat efisien untuk perangkat terbaru mereka, iPad Pro.

“Performa hemat daya M4, dipadukan dengan mesin tampilan barunya, memungkinkan desain tipis dan tampilan inovatif pada iPad Pro. Peningkatan pada CPU, GPU, Neural Engine, dan sistem memori menjadikannya sangat cocok untuk aplikasi berbasis AI,” ujar Srouji.

Chip M4 memiliki 10 inti CPU, termasuk 4 inti kinerja dan 6 inti efisiensi. Kinerjanya diklaim 1,5 kali lebih cepat dibandingkan chip M2 pada iPad Pro tahun 2022.

M4 dibangun pada proses 3nm generasi kedua, mendukung kinerja optimal layar OLED dengan teknologi ProMotion 10Hz-120Hz. GPU chip ini memiliki 10 inti dan fitur ray tracing hardware-accelerated.

Selain itu, M4 memberikan performa yang sebanding dengan M2 dengan konsumsi daya yang hanya separuh. Chip ini juga mendukung akselerasi perangkat keras codec AV1, H.264, HEVC, dan ProRes.

Debut chip M4 ditandai dengan kehadirannya pada iPad Pro 2024. Peluncuran ini semakin memperkuat fokus Apple pada pengembangan teknologi AI untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih canggih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *