Perusahaan Mitigasi Iklim, Jejakin, Kantongi Pendanaan Rp43,4 Miliar untuk Percepat Upaya Perlindungan Lingkungan

By | Mei 14, 2024

Jakarta – Jejakin, perusahaan teknologi iklim terkemuka asal Indonesia, telah berhasil meraih pendanaan baru senilai USD 2,7 juta atau sekitar Rp43,4 miliar. Pendanaan ini berasal dari berbagai korporasi dan modal ventura ternama di Asia Tenggara, termasuk PT ITM Bhinneka Power, Indogen Capital, SMDV, dan East Ventures.

CEO dan Pendiri Jejakin, Arfan Arlanda, menyatakan bahwa pendanaan tersebut akan mempercepat misi perusahaan dalam meningkatkan kondisi lingkungan melalui teknologi mitigasi iklim. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan teknologi, ekspansi pasar, dan pengembangan produk.

Jejakin menawarkan solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) untuk membantu perusahaan mencapai target nol emisi. Platform terintegrasinya memungkinkan kalkulasi emisi, perencanaan keberlanjutan, dan pemantauan proyek berbasis alam.

“Jejakin berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha dalam mengurangi jejak karbon mereka dan berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan,” ujar Arlanda.

Perusahaan ini menyediakan berbagai solusi, termasuk CarbonIQ untuk akuntansi karbon, CarbonAtlas untuk pemantauan berbasis teknologi, dan CarbonSpace untuk integrasi tindakan mitigasi. CarbonAtlas telah membantu menanam dan memantau lebih dari satu juta pohon di Indonesia, memberikan manfaat seperti penyerapan karbon, perbaikan kualitas tanah dan udara, serta peningkatan keanekaragaman hayati.

“Kami sangat antusias untuk mendukung Jejakin dalam mempercepat transisi Indonesia menuju ekonomi rendah karbon,” kata Avina Sugiatto, Partner East Ventures. “Jejakin memiliki potensi besar untuk mendorong perubahan positif dan membawa Indonesia ke garis depan inovasi teknologi iklim.”

Saat ini, Jejakin telah bekerja sama dengan lebih dari 30 klien, antara lain Gojek, BCA, Telkomsel, dan Indosat Ooredoo Hutchison, untuk mengurangi emisi dan mengoptimalkan rencana keberlanjutan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *