Kementerian Digital Terapkan Strategi Inovatif untuk Memajukan Tata Kelola Kecerdasan Buatan

By | Mei 14, 2024

Kemenkominfo Implementasikan Pendekatan Ganda dalam Tata Kelola Kecerdasan Buatan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengadopsi pendekatan ganda dalam mengembangkan kebijakan tata kelola kecerdasan buatan (AI). Langkah ini bertujuan untuk menciptakan regulasi yang berkelanjutan dan efektif di tingkat nasional.

Pendekatan horizontal difokuskan pada pengaturan umum terkait perkembangan teknologi informasi, termasuk Undang-Undang ITE, Undang-Undang PDP, dan Surat Edaran Menteri Kominfo tentang Etika Kecerdasan Buatan. Pendekatan ini memastikan adanya pedoman umum untuk mengatur penggunaan AI.

Sementara itu, pendekatan vertikal difokuskan pada penyelarasan tata kelola AI antar sektor. Hal ini diwujudkan melalui panduan OJK terkait kode etik AI dalam sektor finansial. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan tata kelola AI yang komprehensif di berbagai industri.

Pendekatan ganda ini diambil untuk mengimbangi pesatnya perkembangan AI di Indonesia. Data terbaru menunjukkan bahwa adopsi pemanfaatan AI oleh tenaga kerja di Indonesia meningkat 22,1% pada tahun 2023.

“Dengan mengadaptasi inovasi yang ada seperti AI, Indonesia berpotensi meningkatkan perannya sebagai negara pengembang AI di tingkat global,” ujar Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria.

Pendekatan ganda ini diharapkan dapat memitigasi risiko dari perkembangan AI, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa. Indonesia bercita-cita untuk tidak hanya menjadi pengguna AI, tetapi juga pengembang inovasinya di kancah dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *