AI Berpadu Kreativitas: Cinema Synthetica Gelar Kompetisi Pembuatan Film Pendek dengan Sentuhan Kecerdasan Buatan

By | Mei 13, 2024

AI Tantang Pembuat Film dalam Kompetisi Cinema Synthetica

Dalam sebuah langkah inovatif, ahli teknologi Todd Terrazas, Max Einhorn, Mike Gioia, dan Ian Eck telah meluncurkan Cinema Synthetica, sebuah kompetisi yang menguji batas-batas pembuatan film dengan kecerdasan buatan (AI).

Dalam waktu 48 jam, sembilan pembuat film pendatang baru harus membuat film pendek menggunakan AI generatif. Tantangan ini dirancang untuk mengeksplorasi potensi AI dalam membentuk masa depan seni.

“AI Generatif membuka jalan bagi seniman untuk mewujudkan visi kreatif mereka secara inovatif. Kompetisi ‘Cinema Synthetica’ membuktikan kekuatannya,” ujar Einhorn, salah satu pendiri kompetisi.

Para peserta akan bekerja sama dalam tim yang terdiri dari tiga orang, berdasarkan naskah dialog yang disediakan oleh penulis skenario pemenang Emmy Award, Bernie Su. Film yang dihasilkan harus memiliki durasi antara dua dan lima menit, dengan anggaran produksi yang dibatasi pada $500.

Meski kontroversial, Einhorn dan Su menegaskan bahwa AI bukan dimaksudkan sebagai pengganti pembuat film, melainkan sebagai alat untuk meningkatkan kreativitas.

“Kompetisi ini menunjukkan bahwa teknologi dapat memberdayakan pendongeng, bukan menghalangi,” kata Terrazas.

Juri kompetisi ini akan terdiri dari tokoh industri terkemuka, termasuk Jeff Clanagan, Kathleen McCaffrey, Momo Wang, Rachel Joy Victor, dan Jackee Chang.

Tiga tim teratas akan menerima hadiah dan kesempatan untuk mempresentasikan film mereka di konferensi AI on the Lot pada 16 Mei di Los Angeles. Kompetisi ini disponsori oleh Adobe, yang ingin memamerkan kemampuan AI dalam pembuatan film.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *