Melonjak Drastis! Pengiriman Ponsel 5G Melonjak 77% di Indonesia pada Q1 2024

By | Mei 13, 2024

Pertumbuhan Pesat Ponsel 5G dan Industri Ponsel Pintar Indonesia

Jakarta – Studi terbaru dari Counterpoint Research menunjukkan lonjakan signifikan dalam pengiriman ponsel 5G di Indonesia pada kuartal pertama 2024, sekitar 77% secara tahunan. Pertumbuhan ini di dorong oleh segmen midrange dengan kisaran harga antara Rp3,2 juta hingga Rp6,4 juta.

Industri ponsel pintar secara keseluruhan juga mengalami pertumbuhan sebesar 4% dibandingkan tahun sebelumnya. Fenomena ini dikaitkan dengan strategi tepat waktu produsen yang merilis model-model baru menjelang Ramadhan.

“Konsumen Indonesia cenderung meningkatkan belanja mereka selama Ramadhan dan Idul Fitri, termasuk membeli ponsel pintar baru,” ungkap Analis Senior Counterpoint Febriman Abdillah.

Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir, Vivo kembali menjadi pemimpin pasar dengan pangsa 19,2%. Strategi distribusi dan pemasaran yang agresif, serta popularitas seri Y, berkontribusi terhadap kesuksesan mereka.

Xiaomi berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,6%, mencatat pertumbuhan 55% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ponsel entry-level di bawah Rp3,2 juta masih menjadi andalan pabrikan asal Tiongkok ini.

Sementara itu, Oppo dan Samsung menduduki posisi ketiga dan keempat, mengalami penurunan pengiriman akibat lemahnya segmen entry-level. Realme mengikuti di posisi kelima dengan pangsa pasar 9,8%.

Abdillah memprediksi pertumbuhan berkelanjutan di segmen menengah. “Dengan meningkatnya ekonomi makro di Indonesia, segmen ini akan terus berkembang. Produsen perlu melengkapi ponsel pintar mereka dengan teknologi terbaru, seperti AI dan sistem kamera baru,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *