Absensi Presisi: Kunci Produktivitas dan Efisiensi Perusahaan

By | Mei 12, 2024

Sistem Teknologi Penting untuk Manajemen Kehadiran Karyawan

Jakarta – Head of Business Mekari Talenta, Stevens Jethefer, menekankan pentingnya sistem teknologi dalam memfasilitasi proses masuk dan keluar kerja (clock in dan clock out) karyawan. Hal ini menjadi aspek krusial dalam pengelolaan tenaga kerja suatu perusahaan.

“Clock in dan clock out bukan hanya sekadar mencatat waktu, tapi juga berdampak pada absensi, penggajian, dan produktivitas karyawan,” kata Jethefer.

Dengan sistem yang optimal, kehadiran karyawan dapat direkam secara akurat, menjaga kedisiplinan kerja, dan terintegrasi dengan sistem absensi serta gaji untuk memperlancar perhitungan penggajian. “Oleh karena itu, jangan remehkan sistem clock in dan clock out karena berkaitan langsung dengan pengaturan HR dan produktivitas,” ujar Jethefer.

Tren Clock In dan Clock Out Karyawan

Berdasarkan data Mekari Talenta, rata-rata karyawan melakukan clock in 9 menit lebih awal dan clock out 18 menit lebih lambat dari waktu yang ditentukan. “Ini menunjukkan mayoritas karyawan cukup disiplin dalam mematuhi jadwal kerja,” kata Jethefer.

Tren lainnya adalah kecenderungan clock in pada pukul 07:00 – 07:59 dan clock out pada pukul 17:00 – 17:59. “Karyawan kantor biasanya datang lebih pagi untuk mempersiapkan diri bekerja,” jelas Jethefer.

Penggunaan Sistem Clock In dan Clock Out di Industri Manufaktur

Industri manufaktur menjadi pengguna terbesar sistem clock in dan clock out karena jumlah karyawan yang banyak. Di Jakarta Barat dan Tangerang, tercatat 12% dan 8% clock in dan clock out terpusat. Ketepatan waktu sangat memengaruhi produktivitas industri manufaktur, sehingga mereka mengandalkan sistem yang baik untuk mengatur jadwal kerja karyawan.

Teknologi Terkini untuk Clock In dan Clock Out

Ke depannya, teknologi mutakhir seperti portal nirsentuh dengan pengenalan wajah akan banyak diadopsi perusahaan. “Portal nirsentuh memberikan keamanan yang lebih tinggi dan mempercepat proses clock in dan clock out,” kata Jethefer.

Pengenalan wajah mengurangi penyalahgunaan identitas dan mempercepat pencatatan waktu, memungkinkan karyawan menyelesaikan proses dengan lebih efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *