China Luncurkan Robot Humanoid Listrik Canggih dengan Kemampuan Lari yang Luar Biasa

By | Mei 15, 2024

Jakarta – Pusat Inovasi Robot Humanoid Beijing telah membuat terobosan dengan merilis Tiangong, robot humanoid bertenaga listrik yang mampu berlari dengan kecepatan 6 kilometer per jam secara stabil. Tiangong juga dapat menavigasi tangga dengan mudah.

Inovasi ini merupakan bagian dari upaya China untuk mengembangkan pusat inovasi robot humanoid tingkat provinsi. Departemen ini menaungi lebih dari seratus perusahaan robotika, menciptakan rantai industri yang komprehensif untuk produksi robot.

Pusat Inovasi Robot Humanoid Beijing mengklaim Tiangong sebagai “robot humanoid ukuran penuh pertama di dunia yang mampu berlari hanya dengan tenaga listrik”. Namun, klaim ini masih dipertanyakan mengingat adanya robot humanoid serupa yang dikembangkan di Amerika, seperti H1 dari Unitree dan Atlas dari Boston Dynamics.

Dalam versi prototipenya, Tiangong tidak memiliki tangan, tetapi difokuskan pada kemampuan mobilitasnya. Menggunakan teknologi kecerdasan buatan canggih, robot ini mampu berlari dengan stabil dan menavigasi lingkungan yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *