Platform Media Sosial Memulai Tanda Khusus untuk Konten Buatan Kecerdasan Buatan

By | Mei 12, 2024

TikTok Otomasi Pelabelan Konten AI untuk Transparansi Pengguna

Jakarta – Platform media sosial TikTok telah meluncurkan fitur pelabelan otomatis untuk konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI). Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan mencegah konten AI yang menyesatkan.

Head of Operations and Trust & Safety TikTok, Adam Presser, menegaskan pentingnya transparansi pengguna terhadap konten AI. “Transparansi sangat penting bagi pengguna untuk memahami asal usul konten yang mereka konsumsi,” katanya.

Pelabelan dilakukan melalui Content Credentials, sebuah teknologi dari Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA). Teknologi ini melampirkan metadata ke konten yang mengungkapkan informasi tentang pembuatan dan pengeditan konten AI. Metadata ini tetap terhubung saat konten diunduh.

Kebijakan pelabelan ini mulai berlaku hari ini dan akan diterapkan secara global dalam beberapa minggu mendatang. TikTok telah menerapkan fitur label serupa untuk konten yang dibuat menggunakan efek AI TikTok, dan kini diperluas untuk konten dari platform AI eksternal seperti DALL-E 3 dan Microsoft Bing Image Creator.

TikTok juga menekankan komitmennya untuk mencegah penggunaan AI dalam konten terkait pemilu dan melarang keras konten AI yang menyesatkan atau berbahaya. Pelabelan otomatis ini menjadi langkah tambahan dalam menegakkan kebijakan tersebut dan memastikan penggunaan AI yang bertanggung jawab di platformnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *